Modifikasi Panther Touring 4X4

Posted on

Tips Membeli Panther 2nd

Modifikasi Panther Touring 4X4 – Jangan meremehkan gejala-gejala kurang beres walaupun hanya sedikit saja, sedikit2 juga bisa menjadi pengeluaran menjadi bertambah, berikut ini adalah tip membeli panther 2nd

  • Buka kap mesin, lihat ada oli yg menetes atau merembes tidak, terutama di oli mesin dan juga power steering.
  • kemudian lihat radiator ada yang bocor tidak? Lau buka penutupnya, lihat bersih atau tidak air radiator, bocor sedikit memperbaikinya juga membutuhkan waktu dan biaya yang lumayan banyak.
  • lalu ihat semua parts engine bay lengkap tidak? Dan juga penutup-penutup minyak rem, power steering dsb.
  • cek juga tanki wiper dan juga karet wiper, berfungsi normal tidak.
  • nyalakan mesin. rasakan starter masih mantap tidak? nyalakan semua lampu, kemudian lihat satu persatu. nyalakan air wiper, semprotannya masih bagus atau tidak, jangan lupa tes klakson sambil putar stir kanan dan kiri, masih bunyi bagus tidak.
  • lihat kondisi mesin (bawa montir aja biar gampang).
  • cek roda; lihat ban masih bagus tidak, lihat pelek, masih mulus dan juga lurus tidak, termasuk cek ban serep.
  • lihat dengan detail seluruh bodi modil. putari perlahan sambil melihat masih solid atau tidak cat bodinya, baret2 sedikit mgk masih bisa ditolerir, namun kalau penyoknya sudah lebih dari 3, itu juga PR, service bodi mobil bisa lumayan lama berhari-hari.
  • lihat KARAT yang paling umum ada di panther. biasanya di sekitar roda dan juga pintu bagian bawah. kalau karat terlalu banyak juga PR service bodi.
  • hal yang tak kalah penting, lihat bagian kolong, apa sudah pakai anti karat belum?, sukur2 dapat yg sudah pakai tuff kote dinol.
  • coba kunci alarm, berfungsi dg baik tidak, syukur2 dapat alaram yg bagus.
  • buka pintu, coba semua rasakan bantingannya saat ditutup, masih bagus atau tidak. buka pintu dan juga angkat sedikit ke atas, koplak tidak. koplak dan bantingan yg keras jadi perlu setel pintu. itu bisa jadi PR juga. cari yg pintunya masih bagus, tidak koplak dan juga bantingannya enak.
  • kemudian setelah itu masuk ke dalam interior. coba semua tombol driver; wiper, sein, power window naikkan dan juga turunkan, masih bagus tidak. terutama lihat power window bagian tengah kanan dan kiri.
  • lihat juga door trim pintu, masih rapat dan kokoh atau tidak.
  • coba audionya.
  • lihat semua kursi, rasakan dan tes setelan kursi.
  • kemudian nyalakan mesin, tutup semua pintu. rasakan apakah kedap suara atau tidak. membuat kabin kedap suara juga butuh waktu dan juga biaya. tetapi mendapat mobil yg sdh kedap suara juga lebih baik lagi.
  • nyalakan AC, hidupkan double blower. cek semua knob AC, masih normal tidak. dengarkan ada suara aneh tidak ketika AC on dan off. suara aneh AC itu pertanda siap-siap ke ATM
  • tes drive. jalankan mobil, rasakan kopling nyaman atau tidak, rem, pedal gas, steering, rasakan ada roda yang kurang sempurna tidak; bunyi, bergelombang, kalau sanggup, periksa roda sekalian; dongkrak bagian belakang, goyang roda ada bearing yg kocak atau tidak. demikian juga roda depan.
Baca Juga :   Arti Simbol Remote AC Sharp

Intinya, kalau bisa dapat yang kondisi lengkap dan juga normal, kita ndak perlu lagi bolak-balik ke bengkel untuk perbaikan ini itu. paling tidak ke bengkel sekedar untuk mengganti semua oli; mesin, transmisi atau gardan, rem, power steering/filter udara dan sebagainya. hanya tune up. atau ke bengkel variasi hanya untuk mempercantik mobil.

Modifikasi Panther Touring 4X4


Perawatan Mobil Panther 1997

mobil panther grand royal 2.5L tahun 1997.

  • Apakah perawatan mobil diesel sama dengan mobil bensin scr umum?

Secara umum perawatan sama dengan yang lainnya, yang penting ganti oli pada waktunya (oli mesin, oli gardan, oli perseneleng, oli/minyak rem, powerstering). Kalau bisa minyak rem n power sterring dikuras, apabila terlambat menguras minyak rem akhirnya rem blong n masternya kena. padahal tuk nguras minyak rem cuma perlu 2 botol minyak rem merek prestone @ 15rb = 30rb. Ganti filter2 pada waktunya.

  • mobil diesel perlu di servis bospom nya setiap 1 th 1x? apa bospomp itu sama dengan karburator di mobil bensin?

Bospom atau injector, (boleh juga dibilang karburator namun beda) kalau masih irit tidak perlu di service. Apalagi kalau anda rajin ganti filter solar, dijamin aman. sudah 3 tahun belum pernah srvice injector. padahal belinya second, apalagi service injector lumayan mahal. setiap 10.000 Km solarnya diisi full lalu dikasih injector cleaner. merk prestone cuma 24rb.

  • Bagian2 apa saja yang perlu diperhatikan pada mesin diesel, khususnya Phanter?

Semua oli/minyak dan filter.

Modifikasi Panther Touring 4X4


Cara Menghemat Konsumsi BBM


  • Menjaga Putaran Mesin 

torsi maksimum mesin umumnya berada pada 2.500-3.500 rpm. Lakukan perpindahan gigi pada rentang putaran mesin itu. apabila putaran mesin terlalu tinggi, maka suplai bensin akan makin banyak. Sedang jika terlalu rendah, butuh injakan pedal gas yang lebih dalam guna menambah kecepatan.

Baca Juga :   Cara Mematikan Timer AC Panasonic

  • Gunakan AC Dengan Bijak

Menggunakan AC memberi beban besar pada mesin yang bisa meningkatkan konsumsi bbm. Non-aktifkan AC apabila udara luar cukup untuk menyejukan kabin mobil. Pada cuaca panas, parkirlah mobil anda di tempat yang teduh. Ketika ingin mengemudi lagi, bukalah semua kaca untuk mengeluarkan udara panas dari kabin. Sehingga modil dapat mengurangi kerja AC untuk mendinginkan kabin.


  • Cermati Tekanan Dan Keselarasan Ban

Kurangnya tekanan ban jelas ini sangat berbahaya. Kondisi itu dapat menambah hambatan untuk melaju. Untuk mencapai kecepatan tertentu, mesin akan bekerja lebih keras ketimbang normal yang membutuhkan lebih banyak bbm. Juga bisa meningkatkan keausan ban yang tidak merata. Keselerasan ban, keausan bearing roda dan juga rem yang menyangkut dapat menambah konsumsi bbm 10%.

Modifikasi Panther Touring 4X4


  • Servis Mobil Secara Berkala

Saringan udara dan juga oli kotor, busi yang sudah aus, knalpot bocor dan masalah pada sistem kontrol emisi dapat meningkatkan konsumsi bbm, oli mesin lama tidak diganti,. Lakukan servis berkala untuk mengurangi hambatan ini. Lebih baik lagi jika servis itu dilakukan sebelum mencapai jarak tempuh yang sudah ditentukan.


  • Kurangi Beban

Jangan gunakan bagasi mobil anda sebagai lemari kedua. Atau Anda selalu membawa banyak barang dan juga aksesori berat yang tidak dibutuhkan pada perjalanan Anda setiap hari. Penambahan beban ini membuat mesin bekerja lebih berat dari kondisi normal umumnya. Pasalnya, Anda harus menginjak pedal gas lebih dalam untuk memperoleh kecepatan yang maksimal.


  • Hindari Macet

Kondisi stop and go begitu cepat ini dapat mengurangi isi tangki bbm mobil Anda. Sebisa mungkin dapat hindari jam-jam sibuk untuk menghindari macet. Hindari pula membiarkan mesin idle untuk waktu yang lama, seperti menyalakan mesin saat menunggu. Karena kondisi itu membutuhkan lebih banyak bbm ketimbang mematikan dan juga menyalakan mesin lagi.

Baca Juga :   Cara Setting Kode Remot ke TV Tabung/LED/LCD TCL

Modifikasi Panther Touring 4X4


  • Rencanakan Rute Perjalanan

Menentukan rute perjalanan yang efektif dan juga terhindar dari macet memang membutuhkan pengalaman Anda. Hindari juga jalan macet yang pernah Anda lewati di waktu lampau. Menggunakan peta dan GPS akan memudahkan Anda menentukan rute perjalanan yang singkat. Apabila anda ingin singgah beberapa kali, upayakan agar rutenya tetap satu poros.


  • Mengemudi Smart

Mengurangi kecepatan yang biasa Anda gunakan bisa menghemat bbm. Melaju pada kecepatan 100 km/jam menggunakan bbm sekitar 15% lebih banyak ketimbang dengan melaju pada 80 km/jam. Menggunakan fitur cruise control di jalan bebas hambatan atau mengaktifkan overdrive untuk transmisi otomatis, membuat ECU mesin untuk memerintahkan suplai bbm pada mode ekonomis.

Modifikasi Panther Touring 4X4


Demikianlah artikel dari apkpro.id mengenai modifikasi mobil panther, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *