Cara Setting Kode Remot ke TV Tabung/LED/LCD TCL

Posted on

Saat remot TV rusak, biasanya kita akan menggantinya dengan remot TV universal yang sering dijual di toko elektronik. Remot ini biasanya memerlukan kode tertentu untuk menghubungkannya dengan TV yang kita gunakan. Salah satu merk TV yang bisa menggunakan remot jenis ini adalah TCL. Pada artikel ini, kita akan membahas kode remot TV TCL secara lengkap untuk bisa Anda gunakan.Kode Remot TV TCL

Remot universal atau remot multi merupakan remot yang dibuat untuk mengatasi remot TV bawaan yang rusak. Karena remot ini dibuat untuk banyak merk TV, maka diperlukan kode khusus untuk setiap merk agar remot tersebut bisa mengenali jenis TV yang digunakan. Langsung saja, inilah daftar kode remot yang bisa Anda gunakan untuk TV TCL Anda di rumah.


Kode Remot TV TCL Lengkap

Selain nama-nama besar seperti LG, Panasonic, Sharp, Toshiba atau Samsung, produk televisi di Indonesia juga diisi oleh merk-merk dari China. Salah satu merk yang juga sudah dikenal oleh banyak kalangan adalah TV TCL. Tidak hanya TV LCD/LED saja, TCL bahkan sudah ada di Indonesia sejak TV tabung masih menjadi produk elektronik favorit di awal tahun 2000-an silam.

Berbicara soal TV TCL, banyak konsumen di Indonesia yang sudah menggunakan merk ini. Mungkin saja salah satunya adalah Anda sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, di sini akan disajikan daftar kode remot untuk menghubungkan remot universal dengan TV TCL Anda. Jika remot TV bawaan Anda rusak, remot universal ini nantinya akan bisa Anda gunakan sebagai pengganti.

Perlu diketahui bahwa TV TCL tidak saja mengeluarkan tipe TV LED/LCD, tetapi juga tipe TV tabung. Hal itu lantaran masih banyak konsumen yang nyaman menggunakan TV tabung dibanding LED/LCD TV. Sementara untuk kode remot yang digunakan masing-masing tipe memiliki perbedaan. Maka dari itu, di sini akan disajikan kode remot untuk masing-masing tipe, yaitu :


  • Kode Remot TV TCL Tabung

Meski tidak seterkenal merk TV Panasonic atau Samsung, kualitas TV tabung TCL nyatanya tidak jauh tertinggal. Gambar yang dihasilkan cukup baik dan ketahanannya juga cukup untuk digunakan hingga beberapa tahun. Jika TV yang Anda gunakan adalah TV tabung TCL, berikut ini adalah kode remot yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan remot baru :

TIPE TV TCL TV Tabung
KODE 051, 053, 068, 071, 073, 082, 083, 084, 085, 110, 111, 144, 156, 199, 209, 216, 243, 244, 245, 246, 247, 248, 249, 313, 314, 315, 316, 317, 320, 343, 344, 349, 350, 382, 383, 384

  • Kode Remot TV TCL LED/LCD

Tipe TV keluaran TCL selanjutnya adalah TV LED/LCD. Mencoba bersaing dengan perusahaan raksasa seperti LG, Samsung, Sharp atau Sony, TCL juga mengeluarkan seri LED TV dengan spesifikasi yang modern, seperti resolusi layar 4K, panel QLED, hingga OS Android teranyar. Jika Anda adalah pemilik TV TCL tipe ini, berikut adalah kode remotnya :

TIPE TV TCL TV Tabung
KODE 384, 053, 068, 071, 073, 082, 083, 084, 085, 110, 111, 144, 156, 199, 209, 216, 243, 244, 245, 246, 247, 248, 249, 313, 314, 315, 316, 317, 320, 343, 344, 349, 350, 382, 383, 051

Perlu diperhatikan bahwa sering sekali terjadi ketika remot sudah terhubung tetapi tombol yang ada di remot tidak sesuai dengan respon di TV. Sebagai contoh, seandainya tombol “Menu” pada remot ditekan, tetapi respon di TV justru memunculkan perintah yang lain. Maka dari itu, cobalah untuk mengganti kode yang lain hingga tombol-tombolnya sesuai.

Jika tombolnya tidak sesuai tentu saja fungsi remot menjadi kurang maksimal atau bahkan membuat kacau. Itulah kenapa kode yang bisa digunakan ada banyak. Hal itu lantaran remot universal memiliki beberapa kombinasi untuk menyesuaikan dengan berbagai merk-merk TV yang sudah ada.


Cara Setting Kode Remot ke TV Tabung/LED/LCD TCL

Saat membeli remot universal yang baru, Anda tidak serta merta bisa menggunakannya begitu saja. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengaturnya dan menghubungkannya dengan TV menggunakan kode di atas. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan :

  • Pastikan remot universal yang baru Anda beli sudah terisi baterai sehingga dapat dinyalakan
  • Arahkan remot ke layar TV Anda dan pastikan juga bahwa TV dalam keadaan menyala.
  • Tekan dan tahan tombol “SET” pada remot selama beberapa detik hingga lampu indikator di remot tersebut menyala.
  • Dalam keadaan lampu indikator menyala, lepaskan tombol “SET” dan segera masukkan 3 digit kode remot yang ada di atas (pilih saja salah satu).
  • Secara otomatis tombol indikator akan mati setelah Anda memasukkan 3 digit kode dan remot pun sudah bisa digunakan.
  • Cobalah semua tombol yang ada di remot dan pastikan semuanya sesuai dengan fungsinya.
  • Jika terdapat tombol yang tidak berfungsi atau tidak sesuai dengan seharusnya, cobalah menggunakan kombinasi kode yang lain. Ulangi dari menekan dan menahan tombol “SET” lalu memasukkan 3 digit kode di atas.
  • Selesai.

Sangat mudah bukan? Cara ini bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu keahlian khusus. Hanya perlu mengikuti petunjuk dengan benar, maka remot pun sudah bisa digunakan. Apabila belum berhasil, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas hingga berhasil.


Cara Menjaga dan Merawat Remot TV Agar Lebih Awet

Agar remot TV yang Anda gunakan tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka panjang, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini :


  • Jangan menekan tombol terlalu keras

Hindari menekan tombol terlalu keras. Hal ini dapat membuat PCB di dalam remot menjadi rusak. Akibatnya, tombol menjadi sulit ditekan dan lama-kelamaan menjadi tidak berfungsi lagi.


  • Hindari menekan tombol yang sama secara terus-menerus

Jika Anda ingin mencari saluran TV, selain menggunakan tombol angka Anda juga bisa menggunakan tombol “Next” dan “Back”. Cobalah untuk mengkombinasikan cara di atas secara bergantian. Jika Anda sering menggunakan angka, cobalah sesekali menggunakan Next/Back atau sebaliknya.


  • Jangan sering-sering menjatuhkan remot

Berhati-hatilah saat membawa remot. Jika Anda terlalu sering menjatuhkannya, bisa jadi komponen yang ada di dalamnya terlepas dan membuatnya tidak berfungsi. Sebaiknya gunakan saat ingin memindah saluran dan taruh jika sudah melakukannya. Anda juga sebaiknya menaruh remot ketika sedang mengantuk.


  • Jangan membenturkan remot di lantai atau sofa

Terlalu bersemangat saat menonton tayangan seperti sepak bola atau drama yang menggemaskan, terkadang dapat membuat penontonnya lupa diri. Tidak jarang remot menjadi bulan-bulanan untuk dibenturkan di lantai atau sofa. Tentu saja hal ini bisa membuatnya cepat rusak dan tidak berfungsi semestinya.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh membenturkan remot di lantai atau tempat-tempat lainnya yang berisiko membuatnya rusak. Agar lebih maksimal, Anda bisa menambahkan bantalan yang empuk agar remot dapat bertahan lama.

Meski dibuat oleh perusahan terkenal sekalipun, remot TV juga akan mudah rusak jika tidak dijaga dengan baik. Hal yang sama juga berlaku untuk merk TCL. Bagi Anda pemilik TV TCL baik tabung maupun LED/LCD yang remot bawaannya telah rusak, Anda bisa menggantinya dengan remot universal dan mengaturnya menggunakan kode remot TV TCL di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *