Kode Remot TV Sanyo Lengkap

Posted on

Kode Remot TV Sanyo

Jika mendengar kata Sanyo, hal pertama yang terlintas di benak kita pasti merek dari pompa air. Hal itu lantaran branding yang mereka buat cukup sukses menanamkan persepsi di kepala konsumen. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas daftar kode remot TV Sanyo secara lengkap. Ya, perlu Anda ketahui bahwa Sanyo juga memiliki produk TV untuk bisa Anda nikmati.Kode Remot TV Sanyo

Untuk apa kode remot TV ini? Kode-kode ini nantinya diperlukan ketika remot ingin dihubungkan ke TV yang ada di rumah. Karena remot tidak dibuat hanya untuk satu merek TV saja, maka perlu ada penyesuaian agar tombol-tombolnya bisa berfungsi secara normal. Alasan itulah yang membuat kode-kode remot universal cukup banyak. Langsung saja simak daftar kode remot TV Sanyo berikut.


Kode Remot TV Sanyo Lengkap

Perusahaan Sanyo merupakan perusahaan alat elektronik Multinasional yang bermarkas di Osaka, Jepang. Perusahaan yang kini sudah diakuisisi oleh Panasonic ini sangat terkenal akan produk pompa airnya. Padahal perusahaan ini juga memproduksi berbagai kebutuhan alat elektronik lainnya. Mulai dari TV, mesin cuci, kulkas, hingga kipas angin.

Kali ini kita tidak akan membahas semua produk dari Sanyo, tetapi hanya berfokus pada salah satu produknya saja, yaitu televisi. TV Sanyo memiliki kode digit tertentu ketika akan dihubungkan dengan remot universal. Remot universal sendiri merupakan remot yang dibuat agar bisa terhubung ke berbagai merek TV.

Baca Juga :   Modifikasi Panther Touring 4X4

Jika remot TV bawaan rusak, remot universal inilah yang kita butuhkan agar proses pindah-pindah saluran saat menonton TV bisa dilakukan dengan lebih mudah. Jika TV Anda bermerek Sanyo dan mengalami kerusakan pada remotnya, maka kode-kode berikut bisa Anda gunakan untuk menghubungkan remot baru. Berikut ini adalah kode remot TV Sanyo untuk semua tipe/jenisnya :


  • Kode Remot TV Sanyo Tabung

Tipe TV pertama yang dimiliki oleh merek Sanyo adalah TV tabung. TV jenis ini masih banyak diminati oleh konsumen karena terhitung lebih murah dibanding jenis TV lainnya. Untuk mendapatkan saluran TV tertentu juga lebih mudah, yaitu dengan antena yang bisa dibeli dengan harga sekitar Rp20.000,- saja. Untuk kode remotnya bisa Anda lihat di bawah ini :

TIPE TV Sanyo TV Tabung
KODE 007, 008, 014, 015, 035, 036, 053, 056, 099, 223

  • Kode Remot TV Sanyo LCD/LED

Jenis TV berikutnya yang juga dimiliki oleh merek Sanyo adalah jenis TV LCD/LED. Bersaing dalam industri TV terasa kurang rasanya jika tidak mengeluarkan varian ini. Pasalnya sudah banyak pengguna TV yang mulai beralih ke TV LCD/LED. Selain memiliki kualitas gambar yang baik, TV jenis ini juga lebih hemat listrik. Berikut adalah kode remot untuk TV LCD/LED :

TIPE TV Sanyo TV LED/LCD
KODE 007, 008, 014, 015, 035, 036, 053, 056, 099, 223

Cara Memasukkan Kode Remot Ke TV Sanyo

Agar bisa digunakan dengan normal layaknya remot TV bawaan, Anda perlu memasukkan kode-kode di atas ke TV Sanyo di rumah. Caranya tidak sulit, hanya dengan beberapa langkah saja remot sudah bisa dihubungkan. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah memasukkan 3 digit kode remot di atas ke dalam TV Anda :

  1. Pastikan remot sudah terisi baterai yang aktif dan TV juga sudah dalam keadaan menyala.
  2. Arahkan remot ke layar TV Anda.
  3. Tekan dan tahan tombol SET pada remot selama 2 sampai 3 detik atau sampai lampu indikator menyala.
  4. Jika lampu indikator sudah menyala, segera masukkan 3 digit kode di atas sesuai dengan jenis TV yang Anda miliki.
  5. Lampu indikator akan mati secara otomatis jika kode tersebut sudah dimasukkan.
  6. Seharusnya jika sudah sampai ke tahap ini remot sudah bisa berfungsi secara normal.
Baca Juga :   Download Logo Maker

Cobalah semua tombol pada remot universal Anda. Apakah semuanya berfungsi sesuai keterangan? Jika ada tombol yang tidak sesuai, Anda bisa mengulangi cara di atas dan memasukkan 3 digit kode yang lain sampai Anda menemukan kombinasi kode yang cocok untuk TV Anda.


Tips Memilih Remot TV yang Terbaik

Saat ingin membeli remot TV baru, sebaiknya jangan asal-asalan dalam memilihnya. Jika salah membeli, bisa saja remot yang dipilih tidak cocok dengan TV yang dimiliki, mudah rusak dan berbagai kendala lainnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa remot baru tersebut benar-benar layak untuk dibeli. Untuk itu, simak tips berikut agar Anda tidak salah membeli remot :


  • Pilih yang Cocok Untuk TV Anda

Di dalam buku panduan penggunaan biasanya tertera merek TV apa saja yang sudah didukung penggunaan remot universal. Pastikan bahwa TV Anda termasuk di dalamnya sehingga ketika remot sudah dibeli bisa langsung Anda hubungkan dan pergunakan.


  • Pilih Remot dengan Tombol yang Solid

Tombol yang solid biasanya memiliki ketahanan jumlah klik yang lebih banyak daripada tombol yang ringkih atau goyang. Ciri dari tombol yang solid adalah hampir tidak ada rongga di sekitar tombol tersebut.


  • Pilih Remot dengan Ukuran Sedang

Jangan memilih remot yang terlalu besar karena akan sulit untuk digenggam dan rawan terjatuh. Jangan juga memilih remot yang terlalu kecil karena akan mudah tertindih, terselip atau terinjak. Pilihlah remot yang sedang dan pas dengan genggaman tangan Anda.


Cara Merawat Remot TV Agar Awet

Selain harus pintar dalam memilih remot TV, Anda juga harus bisa merawatnya agar remot bisa digunakan dalam waktu yang lama. Percuma saja memilih remot terbaik jika dalam penggunaannya malah membuatnya cepat rusak. Untuk itu perhatikan tips berikut agar remot TV Anda lebih awet untuk digunakan :

Baca Juga :   Kode Remot TV Sanken Lengkap

  • Jangan menekan tombol yang sama secara berulang

Menekan tombol yang sama secara terus-menerus dapat membuat tombol menjadi dol atau tidak solid lagi. Sehingga Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Gunakan kombinasi berbagai tombol untuk berpindah saluran. Anda sesekali bisa menggunakan angka atau juga tombol back/next.


  • Jangan menekan tombol terlalu keras

Tekan tombol secara ringan saja. Jika remot yang Anda beli berkualitas, Anda hanya perlu menekan tombol dengan ringan untuk membuat TV merespon. Menekan tombol terlalu keras dapat membuat komponen di dalamnya cepat rusak dan remot pun akan cepat rusak.


  • Jangan membanting-banting remot ke meja atau kursi

Jika TV tidak merespon setelah Anda menekan tombol tertentu pada remot, jangan langsung membanting-bantingkan remot hanya untuk membuatnya berfungsi. Coba periksa baterainya terlebih dahulu, mungkin saja sudah habis atau perlu diganti. Terlalu sering membantingnya akan membuatnya cepat rusak.

Apapun merek TV yang ada di pasaran, pada umumnya memiliki cara kerja yang sama. Oleh karena itu, banyak remot yang bisa digunakan untuk mengontrolnya. Seperti halnya TV Sanyo ini. Anda hanya perlu menggunakan remot universal dan memasukkan kode remot TV Sanyo tersebut sebelum mulai menggunakannya. Tanpa remot bawaan pun Anda tetap bisa mengontrol TV dari jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *