Cara Memasukkan Kode Remot ke TV Polytron

Posted on

Kode Remot TV Polytron LED

Di tengah merek-merek produk elektronik besar yang beredar di pasaran, ada satu nama yang tidak kalah pamornya, yaitu Polytron. Polytron merupakan salah satu perusahaan elektronik asli Indonesia yang cukup lama memproduksi peralatan elektronik. Secara spesifik, artikel ini akan membahas kode remot TV Polytron LED yang digunakan untuk menghubungkan remot universal ke TV Polytron.Kode Remot ke TV Polytron

Jika Anda memiliki TV Polytron dan mendapati remot bawaan yang rusak, jangan dulu merasa jengkel. Anda masih bisa mengganti remotnya menggunakan remot TV universal yang beredar luas di toko-toko elektronik. Anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan menggunakan kode khusus yang dimasukkan ke dalam TV Polytron yang Anda miliki. Apa saja kodenya? Simak artikel di bawah.


Kode Remot TV Polytron LED Lengkap

Polytron pada dasarnya berfokus pada peralatan elektronik rumahan, seperti TV, speaker, mesin cuci, kulkas, hingga AC. Secara kualitas, produk-produk dari Polytron cukup bisa bersaing dengan merek-merek besar lainnya. Variasi produknya juga beragam dan konsumen bisa memilih dari harga murah hingga yang mahal. Semuanya memiliki fitur-fitur yang bisa disesuaikan.

Khusus untuk produk televisi, Polytron juga menghasilkan beragam jenis TV. Mulai dari TV jenis tabung hingga TV LED mampu dihasilkan oleh perusahaan yang berkantor pusat di Kudus, Jawa Tengah tersebut. Meski begitu, masalah yang sering dialami oleh banyak produk televisi juga dialami oleh TV Polytron, yaitu remot bawaan yang rusak.

Baca Juga :   Kumpulan Kode Remot TV Samsung Terbaru (100% Work)

Tidak jarang remot bawaan lebih dulu rusak dibanding TV itu sendiri. Alhasil, kita dituntut untuk mencari remotnya saja yang justru lebih sulit daripada mencari TV baru. Selain harus mencocokkan nomor serinya, remot TV original biasanya lebih mahal. Untuk itu, Anda bisa menggunakan remot TV universal dengan lebih dulu mengetahui kode-kodenya di bawah ini :


  • Kode Remot TV Polytron LED

Pada TV LED, penggunaan tombol fisik yang ada di bagian samping layar sebenarnya masih bisa dilakukan. Akan tetapi, jika jarak kursi dengan TV yang terlalu jauh membuat proses gonta-ganti saluran TV semakin merepotkan. Karena itulah penggunaan remot masih dibutuhkan. Adapun kode remot TV LED Polytron bisa Anda lihat pada tabel berikut  ini :

TIPE TV Polytron TV LED
KODE 017, 024, 043, 053,120, 147, 150, 151, 152 , 214

  • Kode Remot TV Polytron LED (Menggunakan Remot Merek Joker)

Salah satu merek remot TV yang cukup banyak digunakan oleh konsumen adalah Joker. Selain memiliki harga yang murah, merek satu ini bisa dijumpai di banyak penjual. Mulai dari penjual remot keliling hingga toko elektronik besar. Jika Anda menggunakan merek remot universal Joker, Anda bisa menggunakan kode berikut untuk terhubung dengan TV Polytron :

TIPE TV Polytron TV LED
KODE 147, 151, 017, 253, 152, 024, 150, 053, 120, 043

Kode-kode di atas bisa Anda coba masukkan sebelum mulai menggunakan remot universal yang baru saja dibeli. Cobalah beberapa kali jika kombinasi tombol yang dihasilkan masih belum sesuai dengan TV yang Anda gunakan.


Cara Memasukkan Kode Remot ke TV Polytron

Untuk bisa menghubungkan remot universal ke TV Polytron milik Anda, dibutuhkan beberapa langkah yang harus Anda jalankan. Sebenarnya tidak rumit. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini secara berurutan agar remot bisa berfungsi secara normal. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Isi remot universal yang baru Anda beli dengan baterai yang sesuai.
  2. Nyalakan TV dan arahkan remot ke layar TV Anda.
  3. Cari letak tombol SET, lalu tekan dan tahan tombol tersebut hingga beberapa detik (sampai lampu LED pada remot menyala).
  4. Saat lampu LED menyala, lepaskan tombol SET dan masukkan 3 digit kode remot di atas.
  5. Jika kode sudah berhasil dimasukkan, lampu LED akan otomatis mati.
  6. Sampai di sini seharusnya remot sudah bisa digunakan.
Baca Juga :   Cara Membuka Remot TV Yang Terkunci Berbagai Merek

Cobalah semua tombol yang ada di remot. Apakah semua berfungsi secara normal? Jika ya, maka proses pemasangan telah selesai dan Anda bisa menggunakan remot tersebut. Jika masih ada tombol yang tidak berfungsi atau respon yang dihasilkan tidak sesuai, cobalah untuk mengulangi cara di atas dan masukkan kode yang lain sampai semua tombol berfungsi secara normal.


Tips Merawat Remot TV Agar Tidak Cepat Rusak

Setelah Anda membeli remot baru untuk TV Anda, tentu hal yang paling penting adalah merawatnya. Semakin baik Anda dalam merawat dan menjaga remot Anda, maka usia pemakaiannya juga akan lebih lama. Untuk itu, Anda bisa mengikuti tips berikut ini, di antaranya :


  • Jangan memukul-mukulkan remot ke objek lain

Jika remot sering dipukulkan atau dibenturkan pada objek seperti meja, kursi atau lantai, bisa jadi komponen di dalamnya akan patah dan rusak. Jika sudah begitu, Anda harus membeli lagi yang baru dan hal itu sebenarnya bisa Anda hindari.


  • Jangan membawa remot saat menonton

Anda suka melihat film drama, action atau film-film dengan genre yang memancing emosi? Jika ya, sebaiknya Anda meletakkan remot terlebih dahulu sebelum mulai menontonnya. Hal itu lantaran banyak penonton TV yang merasa gemas, takut atau terlalu bersemangat tanpa sadar membanting remotnya ke lantai.


  • Jangan menekan tombol terlalu keras

Saat saluran tidak segera berpindah setelah Anda menekan tombol tertentu, jangan lantas emosi dan memencet tombol dengan keras seraya mengumpat. Bisa jadi itu hanya baterainya yang hampir habis. Anda hanya perlu menggantinya dan remot akan normal kembali.


  • Jangan meletakkan remot di sofa atau kursi

Tidak semua remot memiliki casing yang keras. Jika diberi tekanan yang cukup keras seperti saat tidak sengaja diduduki, remot bisa langsung patah seketika. Tentu semua komponen di dalamnya akan terkena dampaknya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda meletakkan remot di meja atau tempat-tempat yang aman.

Baca Juga :   Cara Setting Kode Remot TV Akari

  • Jangan makan atau minum di dekat remot

Jauhkan remot saat Anda sedang makan atau minum. Jika Anda sedang makan, khususnya makanan berkuah, ada risiko tumpah yang bisa saja mengenai remot jika Anda tidak memindahkannya. Kita tahu bahwa barang elektronik yang terkena benda cair sangat rawan untuk rusak.


  • Beri sarung penutup untuk remot Anda

Agar lebih terawat dan terhindar dari tetesan benda cair, ada baiknya Anda melindungi remot menggunakan penutup khusus. Ada banyak penjual yang menyediakan sarung penutup untuk remot TV. Harganya juga tidak terlalu mahal. Dengan sarung tersebut, remot akan jauh lebih aman.

Remot TV original selain lebih cocok untuk TV yang kita beli, biasanya juga lebih awet. Akan tetapi, ada kondisi-kondisi tertentu yang mengakibatkan remot tersebut rusak. Salah satunya adalah TV Polytron LED yang kita bahas saat ini. Jika Anda mengalami kendala tersebut, Anda tinggal menggunakan remot universal dan masukkan kode remot TV Polytron LED di atas. Mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *