Freon Kulkas Bocor: Ciri-Ciri dan Cara Memperbaikinya

Posted on

Cara memperbaiki Lemari Es / Kulkas

jika lemari es di rumah tidak bisa dingin maka solusinya ialah seperti berikut ini:
Bagian  pertama yang harus  diperiksa apakah lampu penerangan ruang kulkas, saat pintu ruangan kulkas dibuka, menyala atau  padam.
Kalau tidak menyala, berarti listrik tidak masuk ke kulkas anda, bisa karena steker kulkas tidak masuk dengan benar ke stop kontaknya. Periksa lalu perbaiki.

froen-kulkas-bocor

Kalau menyala, berarti listrik sudah masuk ke kulkas dan sekarang dengarkan atau pegang dengan lap, kompresornya, di bagian yang berwarna hitam, berbentuk silinder besar, di belakang kulkas.

jika tidak ada suara atau getaran, berarti tegangan listrik tidak masuk ke motor kompresor kulkas anda. bisa karena motor Timer tidak bekerja (kalau kulkasnya sistim No Frost), ada kabel putus antara lain digigit tikus / Thermostat, yaitu setelan dingin yang ada di dalam ruang kulkas, rusak / karena sesuatu hal, motor kompresor bermasalah & diputuskan untuk mencegah semakin rusak dengan Overload Protektor yang berbentuk benjolan, menempel pada kompresor.

Untuk kasus ini, periksa apakah ada kabel yang putus  misalnya di gigit tikus. Kalau mampu dan memiliki voltmeter, lepaskan Overload Protektor  lalu ukur tegangan yang masuk ke kompresor, apakah tegangan masuk atau tidak.

Kalau tegangan tidak masuk, maka periksa Timernya dan Thermostatnya atau hubung singkatkan dahulu secara langsung untuk pemeriksaan,  kalau kompresor bekerja, itu berarti Timer / Thermostat tidak bekerja maka harus diganti.

Kalau ada suara dan getaran, namun tetap tidak dingin, berarti pada sistim tertutupnya, ada kebocoran, sehingga Freon, bahan yang fungsinya mendinginkan Evaporator, habis.

Untuk kasus ini, maka tidak ada jalan lain, anda harus membawa lemari es kita ke tukang servis profesional. Sebab kalau kita tangani sendiri bisa bisa  nanti kerusakannya justru lebih parah


Kerusakan  : AC Tidak bisa dingin

Gejala yang tampak :

Motor kipas kondensor tidak berputar, motor kompresor berputar.


Pemeriksaan awal:

  • Hidupkan AC  ( lewat bagian evaporator.)
  • tampak diantaranya udara yang keluar dari blower evaporator terasa dingin apa tidak?

Hasilnya ternyata : Motor blower evaporator berputar, namun udara tidak bisa dingin.

  • Amati bagian kondensor !

Hasilnya ternyata: – Air tidak menetes dari selang pembuangan.

  •  Kompresor berputar, kipas kondensor tidak berputar lagi.

Pemeriksaan kerja AC.

  • Buka tutup pentil pada bagian kondensor ( 3 way valve )
  • Pasang manipol meter ganda pada pentil. Amati hasilnya : dan ternyata tekanannya rendah sekali ( 0 psi ) yang berarti gas habis karena kebocoran jaringan pipa.
  • Matikan kembali AC.

Berarti perlu perbaikan 2 bagian yaitu:

  1. Bagian evaporator : membersihkan terali depan dan filter2nya.
  2. Bagian kondensor : – Perbaikan motor kipas kondensor

           – Pembersihan kotoran pada kondensor.

Karena untuk  perbaikan motor perlu menurunkan  atau melepas unit outdoor (kondensor) dari dudukannya maka anda perlu langkah menyimpan sementara gas R 22 ke dalam kompresor.

Proses menyimpan gas ini sama halnya dengan langkah me non aktifkan AC.

 Motor diperbaiki maka anda perlu langkah pengisian kembali gas R22 ke dalam system AC.


Setelah AC di nonaktifkan

  • Lepaskan sambungan kabel  daya, beri tanda pada terminal tentang warna kabel ini supaya anda tidak lupa sewaktu memasang kembali.
  • Kemmudian Lepaskan sambungan pipa dari evaporator dengan melepas mur-mur pengikat.
  • Lalu  tutuplah ujung-ujung pipa kondensor maupun pada pipa penyambung yang terbuka dengan plastik agar tidak kemasukan kotoran .
  • Kemudian Lepaslah mur baut penguat kondensator dari dudukannya.
  • Terakhir anda Lakukanlah perbaikan dan pengecekan pada motor kipas kondensor.

froen-kulkas-bocor


Pemeriksaan motor

  • Dalam keadaan tanpa tegangan,  baling-baling kipas dapat diputar lancar dengan tangan.
  • saat dihubungkan dengan sumber tegangan kipas sulit di putar dengan tangan bahkan tidak bisa., sepertinya ada yang mengerem.
  • Diuji coba kapasitor diganti dengan kapasitor yang baru, jika motor tetap sulit berputar.
  • kesimpulan ternyata motor rusak (kocak = poros motor tidak center ).
1/5 - (13 votes)